December 14, 2016

Perkembangan Janin Trimester 3 dan Mempersiapkan Kelahiran

Inilah tahap perkembangan janin trimester 3 di dalam perut dan juga perubahan psikologis pada ibu hamil trimester iii yang akan dijelaskan secara lengkap. Dalam mempersiapkan kelahiran apabila usia kandungan bayi bunda sudah menginjak trimester 3 maka bunda tidak perlu risau atau khawatir, perbanyak berdoa semoga persalinan lancar.

Ketika ibu hamil sudah masuk di trimester ketiga kehamilan, rasanya memang sudah semakin tidak sabar untuk segera bertemu dengan bayi yang selama ini dirawat didalam rahim. Akan tetapi terkadang di waktu yang bersamaan, tak jarang beragam kesibukan dan rasa cemas ibu hamil tiba – tiba melanda.

Kekhawatiran/ Kecemasan Ibu Hamil Trimester 3

Mulai rasa cemas tentang kandungan yang semakin lama semakin membesar dan menimbulkan rasa kurang nyaman pada dirinya bahkan sampai rasa cemas menghadapi persalinan akan sangat dirasakan oleh ibu hamil.

Mungkin bunda juga turut merasakannya bunda? Nah, bagi bunda yang mungkin juga merasa kekhawatiran tersebut ketika berada di trimester ketiga kehamilan, ada beberapa hal yang bunda harus tahu tentang kekhawatiran ibu hamil trimester ketiga. Apa saja kekhawatiran tersebut bunda? Berikut ini informasi lengkapnya yang bunda perlu tahu.

kekhawatiran kecemasan menghadapi kelahiran perkembangan janin trimester 3 kehamilan Bagaimana jika tidur terlentang? Apakah Boleh Ibu Hamil Tidur Telentang? Bagaimana jika janin berhenti bergerak? Ini dia Perkembangan Janin Trimester 3 Bagaimana jika cairan ketuban terlalu sedikit saat melahirkan? perubahan psikologis pada ibu hamil trimester 3 pertumbuhan janin trimester ketiga kondisi ibu hamil trimester ketiga

Bagaimana jika tidur terlentang? Apakah Boleh Ibu Hamil Tidur Telentang?

Tidur terlentang memang tidak dianjurkan untuk ibu hamil pada trimester ketiga karena rahim yang sudah lebih berat dapat menekan pembuluh darah yang pada akhirnya akan dapat mengurangi aliran darah pada janin.

Nantinya tidur terlentang juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil pada trimester ketiga karena rahim yang telah lebih berat dapat membantu menekan pembuluh darah yang pada akhirnya akan dapat mengurangi aliran darah ke janin.

Agar dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah, upayakan untuk bunda tidur menyamping utamanya menghadap ke kiri. Hal ini karena rahim secara alami berputar ke kanan sehingga tidur di sisi kiri dianggap sebagai pilihan terbaik agar tidak menekan rahim. Dan agar nyaman bisa bunda gunakan bantal untuk menyangga kaki dan punggung bunda.

Bagaimana jika janin berhenti bergerak? Ini dia Perkembangan Janin Trimester 3

Gerakan janin memang merupakan suatu tanda bahwa si dia didalam rahim dalam kondisi yang baik. Ibu hamil, utamanya yang berada di trimester ketiga memang perlu memperhatikan gerakan janin dari hari ke hari agar dirinya bisa tahu dan bisa memantau pergerakan janin apakah masih aktif atau kurang aktif.

Mengenai gerakan janin sendiri di trimester ketiga akan berubah – ubah. Jika pada trimester sebelumnya si kecil suka meninju atau menjentik, maka di trimester ketiga ini biasanya janin lebih suka berputar – putar atau mengeluarkan lengan atau kakinya sehingga perut ibu hamil terkadang terkesan menonjol sedikit.

Bagaimana jika cairan ketuban terlalu sedikit?

Sekitar empat persen ibu hamil punya volume cairan ketuban yang rendah biasanya pada trimester yang ketiga. Dan ibu hamil juga perlu ikut memantau volume air ketuban ketika melakukan pemeriksaan kehamilan. Karena jika terlalu sedikit juga berbahaya bagi kondisi kesehatan janin didalam rahim dan harus segera dicari solusinya.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk bunda tentang Perkembangan Janin Trimester 3 dan Mempersiapkan Kelahiran. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi bunda.
Load disqus comments

0 comments