December 15, 2016

4 Manfaat & Makanan Vitamin B Kompleks Bagi Ibu Hamil

Inilah 9 manfaat utama vitamin B kompleks bagi ibu hamil dan 21 sumber makanan yang mengandung vitamin b kompleks untuk ibu hamil dan menyusui. Simak penjelasannya berikut ini.

Vitamin B kompleks adalah vitamin yang terdiri dari dari 8 gabungan jenis vitamin B yang memiliki sifat larut dalam air yaitu Thiamin (B1), Riboflavin (B2), Niasin (B3), Asam Pantotenat (B5), Piridoksin (B6), Asam Folat (B9), Biotin (B7), dan Kobalamin (B12).

Apabila tubuh terlalu banyak menerima vitamin B maka secara otomatis akan dinormalkan oleh tubuh dalam bentuk urin sehingga tiak berbahaya bagi tubuh kita.

Manfaat / Fungsi Vitamin B Kompleks Bagi Ibu Hamil

Sangat penting bagi ibu hamil untuk senantiasa memperhatikan kondisi tubuhnya. Dan ibu hamil juga sangat penting memenuhi nutrisi yang dibutuhkan karena memenuhi nutrisi tubuh juga berarti memenuhi secara tidak langsung nutrisi yang dibutuhkan janin didalam rahim.

Tentu saja akan ada banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Salah satunya yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil adalah nutrisi yang berupa vitamin B kompleks. Hal ini karena vitamin B kompleks akan memberikan banyak manfaat pada tubuh ibu hamil.

Mengenai apa saja manfaat dari vitamin B kompleks bagi ibu hamil bunda dapat langsung coba simak informasinya di bawah ini.

vitamin b complex ibu hamil vitamin b kompleks untuk ibu hamil vitamin b complex ibu mengandung vitamin b complex untuk ibu hamil vitamin b kompleks untuk wanita hamil vitamin b complex untuk wanita hamil fungsi vitamin b kompleks pada ibu hamil vit b complex untuk ibu hamil dosis vitamin b kompleks untuk ibu hamil fungsi vitamin b kompleks bagi ibu hamil manfaat vitamin b kompleks bagi ibu hamil kegunaan vitamin b kompleks bagi ibu hamil vitamin b kompleks buat ibu hamil vitamin b complex bagi ibu hamil fungsi vitamin b kompleks untuk ibu hamil manfaat vitamin b kompleks untuk ibu hamil manfaat vitamin b kompleks pada ibu hamil vitamin b kompleks pada ibu hamil

1. Mengurangi resiko bayi cacat lahir

Vitamin B kompleks merupakan vitamin yang akan dapat membantu dalam mengurangi resiko bayi lahir cacat utamanya yaitu fungsi dari vitamin B9 (asam folat).

Dengan adanya asupan asam folat ini juga cukup pada ibu hamil karena akan membantu ibu hamil menjaga agar kondisi janin yang berkembang didalam rahim mencapai perkembangan yang sempurna sehingga tidak akan lahir cacat.

2. Mengoptimalkan pertumbuhan janin

Kandungan didalam vitamin B kompleks juga akan sangat baik dan dapat membantu dalam mengoptimalkan pertumbuhan janin yang ada didalam kandungan. Janin juga akan dapat tumbuh dengan sangat baik sehingga nanti bayi yang dilahirkan akan cerdas dan sempurna.

Karena itu upayakan bunda yang sedang hamil mengonsumsi berbagai macam bahan makanan yang didalamnya memang mengandung vitamin B kompleks.

3. Mengatasi masalah kolesterol

Kolesterol yang tinggi didalam tubuh ibu hamil memang akan dapat menyebabkan kesehatan tubuh ibu hamil jadi kurang baik.

Untuk dapat mengurangi kandungan kolesterol didalam tubuh maka nantinya dapat dilakukan dengan mengonsumsi vitamin B kompleks. Hal ini karena vitamin B kompleks akan dapat mampu menyeimbangkan kolesterol didalam tubuh ibu hamil dengan sisi baik yang ada didalamnya.

4. Meningkatkan sistem imun ibu hamil

Ibu yang sedang hamil memang biasanya punya sistem imun yang tidak stabil. Mudah sakit. Hal ini karena tubuh ibu hamil menyesuaikan dengan lingkungan dan janin didalam kandungan.

Untuk dapat meningkatkan sistem imun didalam tubuh ibu hamil, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks didalamnya.

21 Makanan Yang Mengandung Vitamin B Kompleks Baik Untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah daftar makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks untuk memenuhi kebutuhan vitamin B untuk ibu hamil:
  1. Asparagus: merupakan bawang putih dan bawang merah, banyak mengandung asam folat dan vitamin K
  2. Jamur: jamur yang dapat dimakan oleh ibu hamil misalnya jamur kancing, jamur shitake, jamur merang, jamur tiram, dll
  3. Peterseli: daun ini sangat mirip 98% dengan daun seledri dan dapat digunakan sebagai pengganti seledri. Selain vitamin B daun ini juga mengandung vitamin C
  4. Kentang: sudah tahu kan kentang banyak sekali mengandung vitamin B6 yang sangat efektif untuk mencegah tumor.
  5. Bayam: selain kaya vitamin B kompleks, ternyata bayam sangat tinggi mengandung zat besi (Zn) yang berfungsi meningkatkan stamina tubuh
  6. Biji bunga matahari: bisa diolah menjadi kwaci, mengandung vitamin B kompleks dan vitamin E. Tetapi ingat ya dalam mengolah kwaci tidak boleh terlalu asin sekali.
  7. Sawi hijau: rasanya gurih segar dan banyak digunakan untuk memasak tumis, juga sebagai campuran mie ayam. Sawi banyak mengandung vitamin B kompleks dan vitamin K. Dalam mengolah sawi hendaknya tidak terlalu matang, cukup dicelup air panas saja setelah dibersihkan tentunya untuk menjaga vitamin agar tetap utuh.
  8. Brokoli: brokoli akan menjaga kesehatan kardiovaskuler tubuh mulai dari kesehatan jantung, paru, dan lainnya
  9. Wortel: jika bunda mengenal wortel sebagai sumber vitamin A memang benar sekali, tetapi wortel juga mengandung vitamin B kompleks yang tinggi.'
  10. Terong: selain vitamin B kompleks terong banyak terdapat serat, zat besi dan kolesterol baik
  11. Klabet: biasanya dijadikan sebagai bumbu kare dan obat herbal, berguna untuk meningkatkan kapasitas produksi asi hingga 90%
  12. Kubis: banyak mengandung B kompleks, mineral alami, kalium, kalsium yang mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.
  13. Kacang almond: jenis kacang mengandung lemak tinggi dan kaya vitamin B kompleks
  14. Kacang pecan: digunakan untuk membuat isian kue, pie, bakpia dan lainnya
  15. Kacang lentil: tumbuhan semak mirip lensa
  16. Daging merah: entah itu daging sapi atau daging kambing sama saja banyak mengandung vitamin B kompleks
  17. Ikan salmon: diolah dalam bentuk apa saja bisa untuk mendapatkan vitamin B dan lainnya
  18. Alpukat: sering dijadikan untuk makanan diet mengandung banyak vitamin B
  19. Apel: vitmain B tinggi dan kandungan serat cukup banyak
  20. Pisang: kandungan potasium tinggi dan vitamin B
  21. Blueberry: kaya akan antioksidan tinggi dan juga vitamin B
Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk bunda tentang Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Ibu Hamil. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi bunda.
Load disqus comments

0 comments