December 17, 2016

Apa Penyebab Perut Gatal Saat Hamil & Cara Mengatasinya

Apa yang menyebabkan perut gatal saat hamil muda 6 7 13 22 minggu atau dalam hitungan saat hamil 2 3 5 7 dst bulan? Perut gatal saat hamil - betulkah sedang tumbuh rambut? Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Mungkin Bunda yang sedang hamil pernah merasakan hal yang semacam ini? Apa penyebab perut terasa gatal saat hamil sebenarnya perut gatal ketika hamil dapat terjadi karena berbagai macama faktor.

Bahkan biasanya pada ibu hamil, perut yang gatal ketika hamil akan dapat senantiasa mengalami pertambahan intensitas setiap pertambahan bulan. Semakin lama akan semakin terasa gatal.

Atas hal ini tentu Bunda ingin tahu bukan apa saja penyebab perut gatal ketika hamil? Agar Bunda tidak penasaran, berikut beberapa hal yang dapat menjadi penyebab perut gatal ketika hamil. Langsung saja yuk cek dan simak informasinya berikut ini bunda.

Perut Gatal Saat Hamil Apa Penyebabnya

Apa yang menyebabkan perut gatal saat hamil banyak penyebabnya mulai dari mitos bayi tumbuh rambut kepala hingga penyebab yang diuraikan secara medis berikut ini:

1. Perubahan hormon didalam tubuh

Tubuh ibu hamil memang akan mengalami perubahan hormon yang sangat jelas dibandingkan dengan wanita yang sedang tidak hamil. Meningkatnya kadar hormon estrogen yang tinggi menyebabkan ibu hamil lebih mudah gatal dibandingkan sebelumnya.

Bahkan terkadang rasa gatal sampai mengakibatkan kulit kering pada ibu hamil. Karena itu ibu hamil yangg sudah terkena eksim bisa terserang dampak yang lebih buruk atas kesehatan kulit ketika hamil.

perut gatal saat hamil muda perut gatal saat hamil 5 bulan perut gatal saat hamil 6 bulan perut gatal saat hamil 9 bulan perut gatal saat hamil 3 bulan perut gatal saat hamil 2 bulan perut gatal saat hamil 7 bulan perut gatal saat hamil 8 bulan perut gatal saat hamil 38 minggu perut gatal saat hamil 11 minggu perut gatal saat hamil apa penyebabnya perut gatal saat hamil 8 bln perut gatal saat hamil apa obatnya perut gatal saat hamil 6 minggu perut gatal saat hamil 13 minggu perut gatal saat hamil 7 minggu perut gatal saat hamil 22 minggu perut gatal saat hamil kenapa perut gatal saat hamil 37 minggu perut gatal saat hamil besar cara atasi perut gatal saat hamil perut bagian atas gatal saat hamil atasi gatal pada perut saat hamil atasi perut gatal saat hamil akibat perut gatal saat hamil apa penyebab perut gatal saat hamil agar perut tidak gatal saat hamil apa yang menyebabkan perut gatal saat hamil cara agar perut tidak gatal saat hamil apa penyebab perut terasa gatal saat hamil gatal di area perut saat hamil atasi gatal di perut saat hamil

2. Penyakit PUPPP

Penyakit yang satu ini termasuk salah satu penyakit yang juga ditandai dengan adanya rasa gatal pada bagian perut dan disertai bintik merah, benjolan merah dan juga terlihat seperti sarang merah di bagian perut. Penyakit ini biasanya banyak ditemukan pada ibu hamil yang punya bayi kembar.

3. Penyakit pemphigoid gestationis

Penyakit yang satu ini memang sangat jarang sekali terjadi. Penyakit ini ketika menyerang ibu hamil awalnya ditandai dengan bintik merah di bagian perut kemudian pecah dan menjadi sangat gatal dan akan semakin lama semakin meluas. Penyakit ini juga tampak seperti cacar.

4. Penyakit prurigo kehamilan

Penyakit yang satu ini dapat menyerang ibu hamil yang telah masuk pada trimester ketiga atau sejak awal kehamilan. Penyakit ini ditandai dengan bintik kecil seperti bekas gigitan akibat serangga. Kemudian pecah dan meluas karena digaruk dengan tangan.

Penyakit ini bisa sembuh ketika ibu hamil sudah melahirkan bayinya dan paling lama tiga bulan setelah melahirkan. Akan tetapi tentang penyakit ini bunda tidak perlu risau karena tidak berbahaya bagi perkembangan janin didalam rahim.

Cara Atasi Perut Gatal Saat Hamil

Agar perut tidak gatal saat hamil atau setidaknya mengurangi rasa gatal pada perut saat hamil, bunda dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Memakai lotion anti gatal (tidak direkomendasikan). Apabila bunda megalami gatal berlebihan pada bagian perut saat hamil segeralah konsultasi dengan dokter kandungan. Hindari untuk menggunakan lotion pada bagian perut terutama lotion anti nyamuk karena berbahaya. Sebelum memakai lotion pastikan dahulu kandungan yang terdapat pada lotion ramah untuk bayi maupun ibu hamil.
  2. Konsumsi sayur dan buah, juga perbanyakj air putih. Pilihlah bahan makanan yang baik dan berguna bagi tubuh bunda dan juga janin di dalam kandungan sehingga anak dan ibu menjadi sehat.
  3. Kenakan pakaian yang adem (menyerap keringat). Memakai baju hamil yang terbuat dari katun akan membantu udara masuk ke dalam pakaian sehingga bunda tidak mudah berkeringat. Selain itu katun juga dapat menyerap keringat lebih cepat.
  4. Mandi air dingin. Mandi air hangat akan menjadikan rasa gatal menjadi semakin berlipat, selain mandi dengan air dingin bunda juga perlu memperhatikan sabun yang digunakan sebaiknya yang mengandung antiseptik.

Itulah beberapa yang menjadi Apa Penyebab Perut Gatal Saat Hamil & Cara Mengatasinya yang bunda perlu tahu. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan semakin menambah pengetahuan bunda.
Load disqus comments

0 comments