December 15, 2016

7 Manfaat Utama Kegunaan Beras Merah Bagi Ibu Hamil Muda

Inilah 7 manfaat utama kegunaan beras merah (brown rice) bagi ibu hamil muda. Konsumsi beras merah untuk ibu hamil? Iya aman bunda dan tentu saja kaya fungsi manfaat yang diperlukan untuk tubuh ibu hamil dan juga janin di dalam perut.

“Selamat, Anda hamil”. Kalimat tersebut yang diutarakan dokter pada seorang wanita tentu menjadi suatu hadiah bahagia tersendiri bagi wanita karena kalimat tersebut seperti memberikan petuah kepada wanita untuk menyampaikan kabar bahagia ini sebagai kado berharga untuk sang suami tercinta.

Dan memang bagi wanita tak ada hal yang lebih membahagiakan dari hal ini. Mungkin bunda saat ini juga menjadi salah satu wanita yang sedang hamil? Tentunya menjaga kesehatan kehamilan bunda adalah langkah yang sangat penting apalagi di trimester pertama kehamilan mengingat kehamilan di trimester pertama memang sangat rentan.

Ada baiknya bunda juga konsumsi berbagai macam makanan yang sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil, salah satunya adalah mengonsumsi bahan makanan berupa beras merah. Mungkin bunda mau tahu apa saja khasiat beras merah untuk ibu hamil? Yuk langsung simak informasi lengkapnya berikut ini!

7 Manfaat Utama Kegunaan Beras Merah Bagi Ibu Hamil Muda

Kandungan beras merah terdiri dari karbohidrat kompleks, vitamin B1, D, Magnesium dan asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lantas apa saja manfaat beras merah bagi ibu hamil berikut inilah paparannya:

beras merah baikkah untuk ibu hamil kasiat beras merah bagi ibu hamil beras merah utk ibu hamil beras merah dan ibu hamil manfaat beras merah ibu hamil beras merah bagus untuk ibu hamil manfaat beras merah bagi ibu hamil manfaat beras merah untuk ibu hamil muda fungsi beras merah untuk ibu hamil khasiat beras merah bagi ibu hamil bubur beras merah untuk ibu hamil manfaat beras merah pada ibu hamil kegunaan beras merah untuk ibu hamil manfaat beras merah utk ibu hamil kandungan beras merah untuk ibu hamil konsumsi beras merah untuk ibu hamil manfaat beras merah bg ibu hamil baguskah beras merah untuk ibu hamil beras merah apakah baik untuk ibu hamil amankah beras merah untuk ibu hamil apakah beras merah bagus untuk ibu hamil manfaat air beras merah untuk ibu hamil beras merah baik untuk ibu hamil beras merah bagi ibu hamil kegunaan beras merah bagi ibu hamil khasiat beras merah buat ibu hamil apakah ibu hamil boleh makan beras merah manfaat beras merah bwt ibu hamil manfaat bubur beras merah untuk ibu hamil cara memasak beras merah untuk ibu hamil

1. Sumber energi

Sama halnya dengan beras putih karena beras merah juga mengandung karbohidrat yang tinggi akan tetapi rendah dengan kadar gula. Beras merah merupakan suatu sumber karbohidrat kompleks yang jauh lebih baik dibandingkan beras putih.

Dan beras merah dengan kandungan karbohidrat kompleks ini juga akan membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama.

2. Membantu menyehatkan pencernaan

Ibu hamil rata – rata rentan terkena gangguan pencernaan. Seperti gangguan pencernaan sembelit atau susah BAB akan sering dirasakan.

Sebenarnya hal ini wajar karena mengingat janin yang semakin lama semakin besar akan membuat janin menekan sistem pencernaan dan membuat ibu hamil susah BAB. Dan beras merah dapat membantu melancarkannya.

3. Meningkatkan imun tubuh ibu hamil

Didalam beras merah terdapat kandungan antioksidan yang sangat diperlukan tubuh dan dapat membantu dalam meningkatkan sistem imun selama kehamilan. Karena ibu hamil rentan atas segala macam penyakit karena memang kondisi tubuhnya yang menurun selama hamil.

Karena itu agar daya tahan tubuh semakin stabil dapat diatasi dengan mengonsumsi beras merah secara rutin. Beras merah bahkan juga dapat membantu ibu hamil mengatasi stres yang biasanya dirasakan dan juga akan menjadikan ibu hamil merasa sangat baik menjalani aktivitasnya.

4. Menjaga Tulang Tetap Sehat

Kebutuhan Magnesium (Mg) dan Vitamin D selama hamil sangat diperlukan bagi wanita hamil agar tulang ibunya tetap sehat dan membantu pembentukan tulang bagi janin. Dengan mengonsumsi beras merah maka kebutuhan Mg dan Vit D akan tercukupi dengan baik.

5. Menormalkan Kadar Kolesterol

Di dalam beras merah terdapat kandungan Asam lemak alfa-linolenat yang merupakan asam lemak tak jenuh. Bagi ibu hamil zat ini akan berfungsi menormalkan kadar kolesterol sehingga tekanan darah tinggi pada ibu hamil dapat dihindari.

6. Menangkat Penyebab Sakit Beri-Beri

Vitamin B1 pada beras merah akan mencukupi kebutuhan vitamin khususnya B1 wanita hamil. Sebagaimana kita ketahui vitamin B1 berguna bagi bayi sehingga pada waktu lahir nanti akan mencegah bayi mengidap penyakit beri-beri.

7. Menormalkan Kadar Gula Dalam Darah

Kandungan karbohidrat yang kompleks pada beras merah akan membantu kadar gula dalam darah menjadi stabil dan tidak mengalami perubahan secara signifikan dalam waktu yang singkat. Tahukan bunda bahwa karbohidrat kompleks pada beras merah membutuhkan waktu lebih lama dari pada beras putih untuk dapat dicerna tubuh, akibatnya itulah kenapa apabila bunda memakan beras merah rerasa kenyang lebih lama.

Jadi tunggu apalagi? Yuk bunda konsumsi beras merah yang banyak khasiatnya untuk ibu hamil. Semoga informasi diatas tentang 7 Manfaat Utama Kegunaan Beras Merah Bagi Ibu Hamil Muda ini bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments