December 14, 2016

Cara Senam Ibu Hamil 9 Bulan, Olahraga di Masa Kehamilan

Cara Senam Ibu Hamil 9 Bulan, Olahraga di Masa Kehamilan --Ada banyak orang yang mengatakan bahwa ibu hamil itu harus istirahat saja, tidak boleh melakukan aktivitas yang berat – berat, tidak boleh terlalu capek dan tidak boleh stres.

Hal ini memang benar akan tetapi bunda yang diberi tahu hal tersebut jangan lantas berpikir jadi ibu hamil harus melulu diam dan tidur di rumah. Hal ini juga tidak boleh terjadi. Karena aktivitas walau ringan sangat perlu juga untuk kehamilan selanjutnya dan untuk proses persalinan.

Karena itu melakukan aktivitas rumah tangga yang ringan diimbangi dengan senam hamil yang tepat merupakan suatu langkah yang sangat penting bagi ibu hamil untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

Senam hamil sendiri aman dilakukan ibu hamil dalam masing – masing trimester karena pada masing – masing trimester senam hamil punya pola sendiri – sendiri. Demikian dengan kehamilan di trimester ketiga di usia 9 bulan. Mungkin bunda ingin tahu bunda seperti apa saja cara senam hamil ibu hamil 9 bulan? Yuk cek saja informasi lengkapnya di bawah ini!

cara senam hamil 9 bulan gerakan senam hamil 9 bln gerakan senam untuk ibu hamil 9 bulan cara senam ibu hamil 9 bulan cara senam hamil usia 9 bulan gerakan senam hamil usia 9 bulan gambar gerakan senam hamil 9 bulan video gerakan senam hamil 9 bulan gerakan senam hamil untuk 9 bulan gerakan senam hamil 8 dan 9 bulan gerakan senam hamil usia kandungan 9 bulan gerakan senam hamil 9 bulan di rumah gerakan senam hamil usia 9 bln gambar gerakan senam hamil 9 bln contoh gerakan senam hamil 9 bulan gerakan senam ibu hamil 9 bulan

Cara Senam Ibu Hamil 9 Bulan, Olahraga di Masa Kehamilan

Berikut ini gerakan senam hamil untuk 9 bulan yang dapat dilakukan sendiri di rumah:
  1. Pertama – tama bunda siapkan karpet atau matras yang punya tekstur lembut pada permukaan. Gerakan senam hamil untuk bunda yang hamil 9 bulan dapat dimulai dengan posisi duduk sila kemudian tegakkan punggung dan letakkan tangan diatas paha mirip seperti bunda melakukan meditasi. Kondisikan tubuh dan pikiran serileks mungkin dan atur nafas keluar masuk dengan teratur.
  2. Kemudian gerakan selama bunda senam hamil 9 bulan yang dapat bunda terapkan yaitu gerakan mirip seperti merangkak, gerakan merangkak ini dapat dengan bunda gunakan jarak 2 tangan sama dengan jarak pada kedua bahu bunda. Kemudian atur agar keempat bagian tubuh punya posisi tegak lurus dengan lantai dan posisi badan upayakan sejajar dengan lantai. Kemudian bunda lakukan gerakan menundukkan kepala sampai mata mampu menengok perut dengan posisi angkat pada pinggang. Kemudian bunda kempiskan perut dan kerutkan lubang dubur dan turunkan pinggang. Kemudian angkat kepala sembari lemaskan otot panggul dan otot dinding perut. bunda ulangi gerakan ini sampai dengan 8 kali.
  3. Dan yang ketiga adalah dalam gerakan senam hamil 9 bulan dapat dilakukan dengan melakukan gerakan seperti merangkak dengan keadaan kepala dan leher yang menghadap ke lantai kemudian dibuat bertumpu pada telapak tangan dan punggung. bunda bisa lakukan gerakan seperti memegang kedua tangan dan rilekskan diri bunda serileks mungkin. Lakukan juga olah pernapasan karena akan sangat bermanfaat ketika persalinan nantinya.

Video Senam Hamil (Full Version)

Untuk lebih jelasnya bunda dapat mengikuti video senam hamil berikut ini untuk dipraktekkan di rumah ya:

Itulah beberapa cara yang dapat bunda coba terapkan agar kehamilan juga selalu sehat. Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang Cara Senam Ibu Hamil 9 Bulan bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments