November 30, 2016

Proses Terjadinya Menstruasi Secara Singkat & Efeknya

Siklus proses terjadinya menstruasi/haid secara singkat & efeknya terhadap kesehatan wanita secara singkat akan dijelaskan disini. Bagaimana proses terjadinya menstruasi dan hormon yang mempengaruhinya yuk kita simak berikut ini:

Tentunya kita semua sudah tahu bahwa setiap bulannya wanita akan selalu dihadiri dengan tamu – tamu yang istimewa dan biasanya disebut dengan menstruasi. Tamu ini seakan menjadi kabar bulanan bagi setiap wanita. Mungkin bunda juga pernah mendengar tentang proses yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi?

Menstruasi yang dialami oleh wanita sendiri merupakan peristiwa lepasnya selaput rahim yang sebenarnya telah dipersiapkan sebagai tempat untuk sel telur yang telah dibuahi oleh sperma.

Ketika tidak dibuahi nantinya sel telur yang matang dilepaskan ke rahim dari saluran wanita yang disebut tubafallopi dan pada akhirnya menyebabkan menstruasi. Dan tahukah bunda bahwa sebenarnya siklus yang semacam ini terjadi karena siklus mingguan yang mengendalikan wanita? Berikut informasinya!

proses terjadinya menstruasi secara singkat proses terjadinya menstruasi dan hormon yang mempengaruhi proses terjadinya menstruasi dari hipotalamus proses terjadinya menstruasi pada wanita proses terjadinya menstruasi dan kehamilan proses terjadinya menstruasi pada seorang wanita proses terjadinya menstruasi dan hormon yang mempengaruhinya proses terjadinya menstruasi pd wanita proses terjadinya menstruasi dan gambarnya proses terjadinya haid atau menstruasi proses terjadinya menstruasi secara biologis proses terjadinya menstruasi dan fertilisasi proses terjadinya menstruasi dan hormon yang berperan

Proses Terjadinya Menstruasi/ Haid Pada Seorang Wanita

Proses terjadinya menstruasi dan hormon yang mempengaruhinya selama proses siklus dapat dikategorikan dalam tiga bagian hari berikut ini:

Hari pertama sampai 13

Ketika masa menstruasi kadar kolesterol juga naik sekitar 20% selama mengalami masa folikular. Masa ini merupakan fase pertama dari siklus menstruasi ketika perkembangan folikel ovarium. Dan hal ini juga disebut dengan tahap pra ovulasi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institues of Health menemukan fakta bahwa kadar kolesterol wanita dapat meningkat sampai dengan 20% pada siklus pertama wanita. Dan kadar kolesterol tertinggi wanita berada pada siklus pertama dan setelah masa ovulasi kolesterol ini kadarnya akan juga mengalami penurunan.

Hari ke 14-15

Produksi estrogen yang tinggi selama masa ovulasi memang dapat berpengaruh atas kemampuan bunda dalam konsentrasi. Tingkat estrogen yang tinggi ini pada masa ovulasi wanita juga ternyata berpengaruh pada otak. Estrogen memang dikenal memiliki peran yang sangat penting dalam hal pembelajaran dan juga memori.

Hari ke 16-28

Setelah bunda melewati masa ovulasi, hal ini menyebabkan lapisan dinding pada rahim akan mengalami penebalan dan ketika tidak dibuahi maka hal ini akan turut menyebabkan penurunan estrogen, progesteron dan juga testosteron.

Hal ini juga yang kemudian menyebabkan endometrium bunda akan pecah dan dapat menghasilkan apa yang sering disebut dengan menstruasi. Pada masa ini masa – masa PMS akan bunda alami. bunda akan mengalami kondisi depresi, stres dan masih banyak lagi.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk bunda tentang Siklus Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita dan Efek Kesehatan dan Hormon yang Berperan. Semoga informasi yang kami berikan diatas untuk bunda menjadi informasi yang bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments