November 13, 2016

Cara Mengatur Pola Tidur Bayi Agar Tidak Begadang

Cara mengatur pola tidur bayi agar tidak begadang yang dapat diterapkan untuk mengatur pola tidur bayi baru lahir hingga pola tidur bayi 1 tahun. Ketika bayi baru lahir memang rasa bangga bercampur senang dan haru akan menyelimuti hati setiap orang tua. Termasuk seorang ibu. Akan tetapi kemudian masalah yang terjadi adalah bayi yang baru lahir mengalami masalah tidur.

Faktanya bayi memang tidak dapat membedakan mana siang dan malam sehingga kerap bayi tidak dapat tidur di malam hari. Akan tetapi tenang saja karena semua ini merupakan masalah yang bisa diatasi. bunda bisa mengatur pola tidur bayi dengan tepat. Sebab memang sejak bayi mulai memasuki usia 3 bulan sejak kelahiran ia dapat mengembangkan pola tidur yang lebih teratur asalkan bunda melakukan beberapa langkah tepat mengatur pola tidur bayi. Berikut informasinya untuk bunda bunda!

cara mengatur pola tidur bayi usia 1 bulan cara mengatur pola tidur bayi agar tidak begadang cara membentuk pola tidur bayi cara mengatasi pola tidur bayi mengatur pola tidur bayi baru lahir merubah pola tidur bayi baru lahir

Langkah Tepat Mengatur Pola Tidur Bayi Baru Lahir Hingga Balita

Agar bayi punya pola tidur yang tepat ada beberapa langkah tepat yang dapat bunda lakukan diantaranya :

1. Kenali waktu bayi mengantuk

bunda perlu paham kapan bayi bunda aktif dengan aktivitasnya dan kapan bayi bunda lelah kemudian mengantuk. Tanda yang paling umum untuk tahu dia mengantuk adalah ketika bayi menggosok mata, menguap dan berpaling wajah ketika bunda pandang. Kalau sudah ada tanda semacam ini upayakan bunda langsung bawa bayi ke kamar dan tidurkan ia.

2. Atur siklus pagi dan malam

Penting juga bagi bunda dalam mengajarkan kepada anak bahwa malam sudah waktunya anak untuk tidur sementara siang adalah waktu untuk ia bermain, belajar dan beraktivitas dengan padat. bunda bisa lakukan kegiatan yang merangsang otak anak di siang hari kemudian pada malam hari bunda ajak anak untuk beristirahat.

3. Hindari makan di dekat waktu tidur

Upayakan bunda tidak membiasakan anak untuk makan di dekat waktu tidur. Menyusui anak sampai ia tidur lelap juga perlu bunda hindari. Walau menyusui akan membuat anak tidur akan tetapi kondisi ini akan membuat anak tidak paham dan tidak sadar dengan waktunya ia mengantuk. Kebiasaan ini juga memiliki potensi dalam membuat anak terbangun tiba – tiba dan meminta susu. Membiasakan diri menyusui anak di tengah malam seperti pukul 02.00 juga perlu bunda hindari karena akan merepotkan bunda ke depannya.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk bunda tentang Langkah Tepat Mengatur Pola Tidur Bayi. Semoga informasi diatas menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments